Prestasi Program Studi

PRESTASI PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI

Untuk memastikan kualitas pendidikannya, Universitas Airlangga menggunakan spesifikasi program. Oleh karena itu, Departemen Komunikasi mensyaratkan program studinya untuk mengembangkan dan memperbarui spesifikasi program yang mencakup informasi tentang pemberian status badan atau lembaga, status akreditasi, dimana program studi komunikasi diberi nilai ‘A’ oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), Pengakuan lain, hasil program, kriteria dan persyaratan yang diterima, strategi pembelajaran, dan matriks kurikulum. Dalam mengembangkan spesifikasi program, program studi ini bertujuan untuk memastikan bahwa hal itu sesuai dan tidak hanya mencerminkan persyaratan nasional, seperti kerangka kerja kualifikasi nasional, tetapi juga badan akreditasi internasional. Ketika proses pembuatan spesifikasi ELO dan program sudah dimulai jauh sebelum proses AUNQA, spesifikasi program nampaknya mencerminkan apa yang dibutuhkan oleh framework AUN-QA. Di bidang studi Komunikasi di Indonesia, standar kurikulum nasional sudah tidak berlaku lagi. Program komunikasi ELO memiliki kompetensi ilmiah yang merupakan implementasi keterampilan keras dan lunak terpadu. Lulusan diharapkan memiliki kriteria ini untuk menjadi sumber daya manusia yang kompeten, profesional, humanis, etis, dan kompetitif secara internasional.

Universitas membutuhkan program studi untuk mengembangkan spesifikasi program melalui Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Pendidikan Universitas Airlangga  Institute for Educational Development and Improvement – LP3UA (sebelumnya Pusat Pusat Pengkajiaan dan Pengembangan Pendidikan). Program studi komunikasi didukung oleh LP3UA dalam mengembangkan spesifikasi programnya. Setelah dikembangkan, proses selanjutnya melibatkan persetujuan dari Rektor Universitas. Setiap tahun, program ini melakukan self evaluation report untuk meningkatkan kualitas proses pembelajarannya. Ilmu Komunikasi Unair telah mendapatkan penilaian sertifikasi AUN-QA (ASEAN University Networking Quality Assessment) dengan nilai 4,8. Nilai AUN-QA tersebut menjadi yang tertinggi se-Unair bahkan mengalahkan Fakultas Kedokteran.

Pemberi Penghargaan Airlangga University
Lembaga Pengajaran dan Pembelajaran Faculty of Social and Political Sciences
Gelar Sarjana Ilmu Komunikasi (Bachelor of Communication)
Nama Program Studi 0653/SK/BAN-PT/Akred/S/VI/2016 (Valid until June 2nd 2021)
Pengakuan Lain 1. AIMS BSI PE-843005

2. Best School of Communication 2015 by MIX and Business Digest

Hasil (Keluaran) Kompetensi Utama

1. Untuk menganalisa konsep dasar, teori, metodologi ilmu komunikasi dan studi media.

2. Mengkritik fenomena komunikasi dan media secara kritis di masyarakat.

3. Mempraktikkan konsep, teori, ilmu komunikasi dan studi media dengan cara yang kreatif, inovatif, dan profesional.

Kompetensi Pendukung

1. Berpikir kritis mengenai perkembangan informasi, teknologi, dan kontribusi komunikasi di masyarakat.

2. Untuk menganalisis fenomena komunikasi dan media.

3. Untuk menganalisa isu di bidang komunikasi dan media profesional.

4. Mengkaji dan mengkritisi perkembangan informasi, teknologi, komunikasi dan bidang studinya.

5. Mengkaji dan mengkritisi sistem dan kebijakan di bidang komunikasi dan media.

6. Mengaplikasikan teori komunikasi dan media yang sesuai dengan bidang profesi.

7. Mengaplikasikan teori komunikasi dan media untuk memecahkan masalah sosial.

8. Mempraktikkan keterampilan profesional di bidang penyiaran media, komunikasi desain visual, dan seni media kreatif.

9. Mempraktikkan ketrampilan di bidang komunikasi korporat dan manajemen media massa.

Program Studi Ilmu Komunikasi Kompetensi lainnya memiliki 2 jurusan: (1) Komunikasi Perusahaan. Lulusan yang memilih jurusan ini akan memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam hubungan masyarakat dan komunikasi pemasaran yang akan bermanfaat dalam industri periklanan, hubungan masyarakat, komunikasi bisnis, komunikasi pemasaran terpadu, dan lain-lain. (2) Studi Media. Demikian pula, mahasiswa akan diberikan 12 kompetensi spesifik dalam studi media seperti peraturan media, jurnalistik, dan seni kreatif. Secara rinci, kompetensi lainnya juga meliputi:

1. Mengkomunikasikan secara efektif penggunaan instrumen grafis, teks, verbal, dan informasi dan teknologi.

2. Memiliki kemampuan teamwork yang efektif.

3. Mempraktikkan bahasa Inggris aktif dalam percakapan, presentasi, dan pemahaman buku teks.

4. Menyumbang ide kreatif.

5. Memiliki kemampuan kewiraswastaan ??di media massa, bisnis komunikasi, dan event organizer.

Kriteria Penerimaan dan Persyaratan 1. Sertifikat kelulusan untuk siswa SMA yang lulus pada tahun 2014 dan 2015.

2. Surat Keterangan Lulus Pendidikan Menengah (Graduation Statement Letter) untuk siswa SMA yang lulus pada tahun 2016 yang meliputi informasi pribadi, foto diri terbaru, dan memiliki stempel.

3. Memiliki kesehatan yang memadai yang tidak akan mengganggu proses belajar selama periode program berlangsung.

Output Program 1. Memberikan lulusan yang memiliki kualifikasi teoritis dan metodologis dalam studi komunikasi dan media, serta kemampuan teknis dan praktis.

2. Memberikan lulusan yang tidak hanya humanis dan kompetitif, tapi juga memiliki pengetahuan nasional dan global.

3. Memberikan lulusan yang kritis, kreatif, mandiri, profesional, inovatif, dan mampu beradaptasi dengan perkembangan sosial, politik, dan budaya.

Strategi dan Penilaian Pembelajaran Sistem pembelajaran dibangun berdasarkan rencana yang sesuai dengan tujuan, bidang pembelajaran, dan hirarkinya. Proses pembelajaran sedang dilakukan dengan menggunakan beberapa strategi dan teknik untuk menantang siswa untuk mengeksplorasi kemampuan berpikir kritis mereka, untuk menciptakan, dan melakukan Penelitian dari berbagai sumber.

Implementasi pembelajaran kami memiliki mekanisme untuk memantau, mengkaji ulang, dan memperbaiki kegiatan belajar serta persiapan materi pembelajaran dan penilaian hasil pembelajaran secara berkala. Evaluasi kemampuan siswa untuk memahami materi pembelajaran dilakukan dengan berbagai bentuk seperti: kuis, tugas, presentasi, diskusi kelompok, individual paper, studi kasus, dan tugas perancangan kreatif. Sementara itu, ujian (pertengahan semester dan final) akan diberikan dalam bentuk lisan, tulisan, atau take-home. Soft skill akan dievaluasi oleh dosen di kelas.

Matrik Kurikulum Lihat lampiran 4
Tanggal Revisi Program Studi Ilmu Komunikasi telah merancang ulang kurikulumnya yang telah dilaksanakan sejak 2014/2015. Beberapa pembaharuan mencakup rencana kurikulum berbasis kompetensi dengan persetujuan rektorat dan penandatanganan dalam studi media dan komunikasi perusahaan sebagai pilihan utama.

Sebagai bagian dari peningkatan kualitas yang berkelanjutan, spesifikasi program dapat ditinjau lima tahunan. Review review kurikulum melibatkan berbagai pihak, termasuk pemangku kepentingan internal dan eksternal dan alumni. Selain itu, review terhadap spesifikasi program juga dilakukan melalui benchmarking ke beberapa perguruan tinggi, baik lokal maupun internasional. Sementara proses review dilakukan di tingkat program, universitas melalui Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Pendidikan Universitas Airlangga – LP3UA juga berperan dalam mengkoordinasikan prosesnya (review kurikulum PP No.5). Setiap pembaruan yang dihasilkan dari proses peninjauan kemudian dipublikasikan ke semua pemangku kepentingan melalui berbagai mekanisme. Misalnya, spesifikasi program diketahui oleh mahasiswa baru selama masa orientasi mereka. Program ini menjelaskan kurikulum dan jurusan yang tersedia. Sesi penyegaran untuk menjelaskan spesifikasi program, terutama yang berkaitan dengan jurusan dan persyaratan yang ada setiap jurusan diberikan pada awal Semester 3.